Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Cara Tepat Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD- Apakah anda mempunyai kendala dengan cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak? Mengajar pelajaran Bahasa Inggris memang memerlukan strategi tersendiri, terlebih subjek yang diajar adalah anak-anak usia sekolah dasar (SD). Karenanya guru / isntruktur yang mengajar pelajaran tersebut harus benar-benar belajar menguasai berbagai strategi khusus dalam mengajar pelajaran Bahasa Inggris anak usia SD tersebut.
Strategi yang baik akan menghasilkan
cara tepat mengajar bahasa inggris untuk anak SD tersebut. Strategi tersebut perlu dipelajari dan terus dikembangkan, diujicoba dan temukan formula baru yang lebih baik untuk berbagai problem yang mungkin kedepannya akan dihadapi guru / instruktur.
Kita mulai dari 4 cara mudah mengajar Bahasa Inggris untuk Anak-anak:
Menyiapkan materi bahasa inggris yang akan diajarkan kepada anak-anak
Untuk menyiapkan materi yang akan diajarkan, sebaiknya anda jawab pertanyaan ini dulu: Materi apa yang akan anda ajarkan besok? Apakah pronoun, tenses, dasar-dasar speaking, atau hanya sebatas kosakata? berdasarkan penetapan tujuan, maka silakan Anda buat materi untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah dibuat dalam silabus pelajaran sejak awal.
Contoh kasus, misalnya anda akan mengajar pelajaran Bahasa Inggris kepada anak SD dengan kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah Pronoun. Maka anda bisa membuatkan sebuah kamuflase materi dengan menciptakan sebuah lagu, dalam algu tersebut terdapat unsur pronoun. Nantinya anak satu persatu diminta untuk mendengarkan lagu tersebut, kemudian mengerti maksudnya, dan sedikit demi sedikit mereka harus menghafal pronoun melalui lagu tersebut.
Menyiapkan metode mengajar pelajaran Bahasa Inggris untuk anak
Setelah mengetahui materi apa yang akan diajarkan kepada anak, berikutnya anda harus segera menyiapkan metode mengajarnya. Metode mengajar bisa segera anda buat setelah mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang kemungkinan akan anda hadapi pada saat menyampaikan materi kepada anak-anak. Ada banyak matode mengajar pelajaran Bahasa Inggris untuk anak SD yang bisa anda gunakan, diantaranya metode silent way dan audio lingual method. Kalau belum tahu metode tersebut silahkan googling di internet.
Pada contoh kasus mengajar Pronoun dengan menggunakan lagu yang didalamnya ada pronounnya, merupakan metode mengajar Bahasa Inggris menggunakan metode audio lingual method. Cuma yang digunakan hanya prinsipnya saja, karena teknik tersebut biasanya hanya dalam bentuk percakapan, dan itu tentu akan membosankan maka memilih menciptakan lagu yang disisipkan pronoun menjadi alternatif yang pas. Anda boleh bereksperimen dengan metode lainnya dan prinsip-prinsip yang anda kembangkan sendiri.
Membangun keterikatan anda dan siswa saat mengajar / engagement
Keterikatan anda dan siswa artinya, anda mampu mengendalikan kelas, dan siswa merasa butuh dengan anda karena anda menjadi sumber perhatian yang menarik siswa anda saat itu. Sehingga kelas tidak kacau dengan keributan siswa, dengan siswa yang tidak memperhatikan materi yang anda sampaikan. Akhirnya anda prustasi. Untuk membangun keterikatan anda bisa melakukan ini:
- Aanda harus berusaha terus menerus tampil ceria dan lembut
- Mempelajari sifat-sifat anak dan anda tahu solusi untuk menaklukan prilaku siswa anda
- Tidak berbuat kasar / sesuatu perbuatan yang dianggap kasar oleh anak-anak sehingga siswa menjadi takut kepada anda
- Bersabar. kunci dalam mengajar adalah dengan bersabar, terlebih mengajar anakanak usia SD, kesabaran anda akan benar-benar diuji.
Menyiapkan evaluasi pembelajaran
Tahap terakhir dari mengajar adalah dengan melakukan evaluasi kepada siswa anda. Banyak cara yang bisa anda lakukan dalam melakukan proses evaluasi tersebut, bisa dengan menanyakan kepada siswa anda apa yang sudah dipelajari dan uji kembali pengetahuan siswa anda, bisa dengan bentuk verbal atau tertulis.Guru bahasa inggris yang baik akan mengetahui cara mengevaluasi siswa dengan baik pula sehingga anda mampu menganalisa masing-masing siswa anda, siapa saja yang sudah mencapai kompetensi yang anda targetkan, dan siapa saja yang perlu mendapatkan jam belajar tambahan.
Selain empat cara tepat mengajar bahasa inggris untuk anak SD diatas, anda pun bisa menggunakan beberapa cara jitu lainnya yang bisa anda coba saat mengajar pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa SD anda. Berikut beberapa cara jitu tersebut yang bisa anda terapkan saat mengajar bahasa inggris:
Menciptakan suasana yang ceria
Anak-anak akan melihat anda saat mengajar. Kalau anda terlihat muram, kusut, dan tidak bersemangat, maka jangan heran kalau siswa anda pun tidak bersemangat. Untuk itu kemampuan anda menciptakan suasana yang ceria, menarik, dan penuh antusias adalah hal yang harus anda lakukan ketika anda mengajar pelajaran bahasa inggris kepada anak SD tersebut.
Pembiasaan menggunakan Bahasa Inggris dalam sehari-hari
Ada ungkapan bisa itu lantaran biasa, ini juga yang akan anda rasakan ketika anda membiasakan menggunakan bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Seperti ketika hendak keluar kelas, hendak pergi ke toilet, hendak ke kantin dan lain sebagainya gunakanlah bahasa inggris sederhana yang mudah diucapkan dan dimengerti siswa anda.
Agar penggunaan bahasa inggris sehari-hari di sekolah sehingga menjadi habbit, maka diperlukan kerjasama dengan guru guru lainnya. Anda tidak bisa menerapkan pembiasaan tersebut sendiri, tapi juga perlu kerjasama dengan guru lainnya agar mereka juga menggunakan bahasa inggris sehari-hari di sekolah.
Menggunakan permainan dan lagu
Menggunakan permainan dan lagu lagu dalam bahasa inggris ini sebenarnya merupakan bagian dari metode yang sudah kita bahas. Seperti kita ketahui bahwa anak-anak sangat suka dengan permainan, karenanya kepekaan guru dalam menyiapkan berbagai bentuk permainan sebagai alat belajar bahasa inggris praktis merupakan metode yang harus terus menerus dikembangkan.
Begitupun dengan lagu lagu berbahasa inggris, anak-anak sangat suka dengan lagu. Tentu guru harus mampu menciptakan atau setidaknya mampu memilih lagu-lagu bahasa iggris yang sesuai dengan usia anak dan dalam lagu tersebut menyisipkan pesan eduaksi. Dengan menyanyikan lagu berbahasa inggris dengan sendirinya siswa akan belajar menyanyikan kosa kata bahasa inggris. Untuk bisa menyanyikan anak-anak juga akan belajar mendengarkan kosa kata yang diucapkan guru ketika menyanyikan lagu, dan pada tahap selanjutnya siswa dengan sendirinya akan belajar melafalkan kosa kata bahasa inggris dengan benar agar bisa dimengerti.
Belajar bahasa inggris di luar kelas
Belajar diluar kelas akan menjadi metode belajar yang menarik bagi siswa dan guru. Belajar bahasa inggris diluar kelas / outing class akan menjadi pengalaman yang menyenangkan karena siswa akan menemukan suasana baru, dan itu biasanya akan membuat ketertarikan yang luar biasa. Diluar kelas itu dimana? Bisa dengan acara jalan-jalan ke tempat wisata yang banyak bule nya, dan tempat lainnya.
Dengan memanfaatkan perangkat teknologi
Ada banyak perangkat teknologi yang bisa digunakan sebagai alat penunjang belajar bahasa inggris untuk anak SD. Kita bisa memanfaatkan media komputer dan jaringan internet, memanfaatkan gadget seperti handphone, tablet, iPhone, media audio, dan perangkat teknologi lannya yang bisa dengan mudah kita gunakan.
Dalam pelajaran mendengarkan bahasa inggris untuk anak SD, guru bisa memutarkan percakapan dalam bahasa inggris dari cuplikan film anak-anak yang dicapture dari youtube misalnya. Atau dengan menggunakan media audio - video materi pembelajaran bahasa inggris yang didapat dari situs tertentu.
Yang perlu anda pahami dengan cara mengajar Bahasa Inggris untuk anak SD adalah...
Pelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia SD harus mencakup semua aspek skill bahasa Inggris, mulai dari reading, speaking, listening, dan writing. Demikian seperti artikel yang ditulis di situs tempat kursusus bahasa inggris EF.
Semua aspek skill bahasa Inggris ini bertujuan agar para siswa sekolah dasar mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara keseluruhan. Sekalipun demikian, semua materi yang disampaikan kepada siswa SD sebaiknya merupakan materi dasar yang memang dibuat khusus untuk siswa sekolah dasar tersebut, untuk materi ini guru bisa melihatnya pada silabus pelajaran, dan guru mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah biasanya dituntut untuk mamapu membuat silabus sendiri.
Menyusun silabus dan materi pelajaran Bahasa Inggris untuk anak SD sebenarnya mudah, namun sangat sulit ketika dalam penyampaiannya, sulit untuk diimplementasikan. Karenanya guru yang mengajar pelajaran bahasa Inggris tak hanya dituntut untuk pitar dalam menyusun materi, tapi juga harus jenius dalam menyampaikan materi kepada anak-anak tersebut, seperti metode metode yang sudah kita bahas dibagian awal tulisan ini.
Referensi situs untuk mencari materi mengajar Bahasa Inggris untuk anak SD
Selain cara-cara diatas, anda juga sebagai guru bahasa inggris yang kreatif inovatif, sebaiknya mengetahui sumber referensi lainnya untuk menunjang pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa SD tersebut. Salah satu rekomendasinya adalah anda minimal mengetahui nama-nama situs tempat dimana anda bisa mengunduh berkas untuk dijadikan materi ajar yang pas buat siswa SD anda.
Beberapa situs patut anda coba kunjungi untuk menemukan bahan mengajar bahasa inggris yang mungkin bisa anda berikan kepada siswa anda. Beberapa situs tersebut ada yang menyajikan metode belajar bahasa inggris dengan aktifitas, ada juga yang menyajikan metode belajar bahasa inggris dengan permainan, dengan audio-video, dengan ponsel anda, dan lain sebagainya.
Alamat situsuntuk belajar bahasa inggris ini bisa anda coba kunjungi:
http://learnenglish.britishcouncil.org/
http://elllo.org/
http://vocabsushi.com/
http://funeasyenglish.com/
http://learnenglish.de/
http://examenglish.com/
http://lang-8.com/
http://bbc.co.uk/worldservice/learningenglish
http://busuu.com/
Mungkin satu dari sekian situs tersebut akan menjadi pavorit anda untuk menemukan berbagai bahan mengajar yang tepat yang bisa anda gunakan ketika anda mengajar bahasa inggris untuk siswa siswi anda di sekolah dasar.
Kenapa kang Abiey menulis artikel Cara Tepat Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD ini?
Untuk penutup artikel yang dalam sejarah posting di
blog ini merupakan yang paling panjang, kenapa sih
kang Abiey menulis artikel sepanjang ini padahal kan kang abiey bukan Guru Bahasa Inggris SD, ini tak lain untuk memenuhi rasa ingin tahu kang abiey saja terhadap cara cara mengajar. Sebagai guru akan lebih baik kalau mengetahui cara mengajar tersebut, walaupun bukan guru mata pelajarannya. Siapa tau suatu waktu kang abiey kebagian jadwal mengajar bahasa Inggris. (#heheh).
Selain alasan tersebut, sebenarnya belakangan kang abiey sedang mengumpulkan materi-materi pelajaran Bahasa Inggris, tujuannya tak lain ingin belajar lagi pelajaran bahasa Inggris tersebut. Beberapa hari lalu sempat meminta setumpuk modul bimbel Bahasa Inggris dari salah seorang teman yang kebetulan sebagai instruktur bimbel bahasa Inggris di Jakarta. Nah kalau udah bisa, nanti kang abiey pengen buka bimbel Bahasa Inggris untuk anak SD, dan sebelum kesana tentu cara dan metode mengajar bahasa Inggris untuk anak SD tersebut harus dipelajari dari sekarang. Iya kan?
==>>Rekoemndasi artikel lainnya:
>>
Cara Mengajar Siswa Kelas 1 SD Yang Tepat
>>
Cara Mengajar TIK/Komputer SD Yang Epektif Efisien dan Menyenangkan
>>
Cara Mengajar Bahasa Inggris Yang Epektif Untuk SMP
>>
Cara Mengajar Bahasa Inggris Yang Epektif Untuk Siswa SMA Sederajat
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...