Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Cara Mengajar TIK/Komputer SD Yang Epektif Efisien dan Menyenangkan - Mata pelajaran TIK/komputer di Sekolah Dasar bukan merupakan mata pelajaran pokok, terlebih di era kurikulum 2013 mata pelajaran tersebut resmi di hapus. Sekalipun demikian faktanya mata pelajaran tersebut sangat penting, dan di sekolah-sekolah unggulan mata pelajaran tersebut tetap di adakan dan masuk kedalam muatan lokal sekolah. Tahukah anda bahwa mengajar mata pelajaran TIK/komputer di SD itu terlihat mudah, tapi faktanya banyak sekali guru yang kesulitan dalam mengajar mata pelajaran TIK tersebut. Mata pelajaran TIK seharusnya menjadi mata pelajaran praktik yang menyenangkan, tapi minimnya pengalaman dan penguasaan materi kadang membuat mata pelajaran tersebut kurang "menyenangkan" bagi peserta didiknya.
Guru yang mengajar mata pelajaran TIK, mata pelajaran apapun sebenarnya, sebelum mengajar harus mengetahui terlebih dahulu materi pelajaran yang akan diajarnya. Dengan mengetahui materi apa saja yang dalam jangka waktu tertentu - misal satu semester - yang akan diajarkan, maka guru akan mencari referensi bahan mengajar, menyiapkan metode mengajar, menyiapkan bahan evaluasi dan lain sebagainya.
Untuk
mengajar TIK/Komputer SD yang epektif efisien dan menyenangkan guru aharus mengetahui dan menyiapkan beberapa hal sebelum proses KBM nya. Apa saja itu? Kita akan membahasnya satu persatu pada tulisan kali ini.
1. Buat silabus mata pelajaran TIK / Komputer SD sendiri
Guru yang mengajar TIK di sekolah dasar sebaiknya mampu membuat Silabus pembelajaran sendiri. Membuat silabus sendiri akan memberi banyak keuntungan yaitu;
- Materi yang akan di ajarkan sesuai dengan budaya sekolah. Misalnya sekolah tempat mengajar anda adalah, sekolah berbasis agama, misalnya sekolah islam terpadu (SIT)), maka anda bisa menyesuaikan materi dengan muatan keagamaan sesuai dengan kurikulum SIT tersebut.
- Bisa menentukan batasan materi. Batasan materi ini penting, agar materi yang di ajarkan sesuai dengan keadaan siswa, perangkat yang di miliki sekolah, dan lingkungan asal siswa, plus target pembelajaran.
- Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Karena perkembangan teknologi itu sangat cepat, maka guru harus mempertimbangkan muatan matri sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, itu agar trend teknologi yang di pelajari adalah teknologi hari ini (terbaru), tentu di sesuaikan dengan batasan materi.
Dan sekedar catatan saja, usahakan membuat silabus dengan standar kompetensi 75% praktik dan 25% teori jika ingin pembelajaran TIK/Komputer tersebut mencapai target pembelajaran.
2. Menghitung hari Epektif untuk menentukan materi TIK yang sesuai
Guru yang baik, apapun pelajaran yang diampunya, harus menghitung hari epektifnya. Menghitung hari epektif sangat penting, ini untuk menentukan pembagian jumlah SK KD dan indikator yang akan di berikan kepada siswa sesuai jumlah hari epektif tersebut.
Mata pelajaran TIK/Komputer merupakan mata pelajaran praktik, tetapi juga harus ada teorinya. Maka jumlah hari epektif dalam satu semester akan menjadi jumlah hari aktif KBM untuk praktik dan teori tersebut. Berapa pertemuan untuk teori dan berapa pertemuan untuk praktik. Jangan lupa tentukan hari, tanggal sesuai jadwal, pada tanggal berapa saja akan dilaksanakan praktik, dan pada tanggal berapa saja untuk teori. Menentukan tanggal juga bermanfaat bagi epektivitas penjadwalan Lab.Komputer.
Sekedar ilustrasi, anda bisa melihat contoh kalender rencana pengajaran TIK sesuai hari epektif yang saya buat di bawa ini.
3. Ketahui jumlah alat praktik pendukung pelajaran TIK/Komputer yang di miliki Sekolah
Agar proses KBM berjalan epektif, guru mata pelajaran TIK/Komputer di Sekolah Dasar harus mengetahui alat-alat praktik pendukung pelajaran yang di ampunya yang di miliki sekolah. Apa saja alat-alat tersebut yang sudah ada dan yang belum ada?
Milsaknya, apakah sekolah sudah memiliki fasilitas komputer? Untuk sebagian sekolah yang mengadakan pelajaran TIK / Komputer biasanya sudah memiliki fasilitas ini, tetapi kadang ada juga yang belum memilikinya tapi merencanakan akan memilikinya dalam jangka waktu tertentu. Berapa saja jumlah komputer yang di miliki sekolah dan bisa digunakan? Kemudian lakukan perkiraan jumlah komputer yang tersedia dengan jumlah siswa. Kalau jumlah komputernya lebih sedikit dari jumlah siswa, cari solusinya dengan membuat skala penggunaan alat 1 komputer 2 siswa, dan seterusnya.
Alat apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang epektivitas KBM mapel TIK?
- Ruang lab / ruang praktik mata pelajaran TIK
- Komputer lengkap dengan aplikasi yang di butuhkan sesuai target pembelajaran pada silabus
- Proyektor
- CD pembelajaran
- Buku panduan / modul praktik
- Printer (untuk mencetak hasil praktik)
- Jaringan / Land
- Server
- Internet
- Sound / fasilitas audio visual lainnya
Dari kesepuluh alat diatas, kalau bisa ada semuanya, tapi kalau belum bisa, pilih yang paling utama terlebih daulu, yang paling urgent untuk proses KBM mata pelajaran TIK tersebut.
4. Kuasai materi yang akan di ajarkan kepada siswa
Ingat, proses KBM pelajaran akan berlangsung epektif jika gurunya menguasai materi yang diajarkan. Selengkap apapun alat / media yang di miliki sekolah jika kemampuan gurunya dalam menyampaikan materi yang sedang di ajarkan kurang, maka KBM akan kurang epektif dan target pembelajaran tidak akan tercapai.
Dalam mengajar mata pelajaran TIK/Komputer SD secara materi mungkin tidak terlalu sulit, tapi kembali lagi ke target kompetensi yang ingin di capai guru / sekolah sesuai dengan silabus yang sudah di buatnya. Karena di beberapa sekolah unggulan, materi TIK nya ada yang sudah sampai ke perangkat pengolah grafis seperti Corel dan Photosop, bahkan ada juga yang sudah sampai ke pemrograman.
Untuk contoh sederhana dalam hal penguasaan materi mengajar, misalnya guru hendak mengajar materi membuat Tabel di Microsoft Word, maka guru bisa berlatih dahulu sebelum mengajar materi tersebut, dan menyiapkan beberapa hal ini:
- Kalau guru membuat modul praktik, maka cek lis halaman berapa materi yang akan di ajarkan
- Buat contoh tabel yang akan di praktikan, kalau di dalam modul sudah tersedia, maka buat contoh tabel lainnya untuk bahan evaluasi. Kalau ingin satu tema dengan pelajaran lain, maka tanyakan ke guru kelasnya tentang materi pelajaran lainnya yang sedang di bahas yang bisa di buatkan tabelnya. Misalnya kalau kelas 4 sd, bisa membuat tabel jenis-jenis pekerjaan penduduk. Maka buatlah contoh tabel tersebut, berikut prosesnya.
Kalau sudah ada modul praktik biasanya guru tidak terlalu kesulitan, tetapi guru tetap harus mempelajari kembali sebelum KBM berlangsung, terlebih untuk materi-materi yang perlu pengembangan dan materi sulit lainnya.
5. Cara mengajar TIK/Komputer SD secara praktik dan teori
Karena dalam silabus sudah di tentukan 75% praktik dan 25% teori maka guru bisa membuat strategi mengajar yang epektif.
Cara mengajar TIK/komputer SD secara praktik
Mengajar secara praktik memang lebih di sukai siswa, juga gurnya. Dan ada beberapa hal yang bisa di lakukan guru untuk proses KBM praktik ini:
- Pastikan semua alat dalam lab berfungsi dengan baik
- Pastikan standar keamanan siswa saat berada di lab terpenuhi, misalnya di pastikan tidak ada kabel yang terkelupas dan berpotensi membahayakan siswa, dan seterusnya.
- Pastikan materi yang akan di praktikan sudah ada dalam server, dan bisa difungsikan pada saat praktik nanti ( ini bagi lab yang sudah menggunakan jaringan).
- Pastikan jumlah siswa yang praktik perbandingannya sesuai dengan jumlah komputer yang tersedia. Jika jumlah siswa lebih banyak, usahakan untuk membaginya dalam kelompok-kelompok kecil yang pas dengan jumlah komputer yang tersedia
- Pastikan siswa siap dengan buku, modul dan alat tulis lainnya jika di perlukan
- Pastikan siswa masuk tepat waktu dan sesuai jadwal
- Awali KBM dengan berdo'a, apersepsi 1-2 menit, dan lanjutkan dengan memberitahukan materi praktik yang akan di pelajari hari ini, sampaikan pula nantinya setelah belajar siswa akan mampu membuat apa?
- Instruksikan standar penggunaan komputer, baik standar keamanan maupun standar pengoperasian
- Pastikan siswa sudah siap, maka guru langsung mempraktikan materi yang akan di pelajari menggunakan proyektor, siswa mengikutinya. Atau guru mempraktikannya terlebih dahulu, siswa memperhatikan, dan setelahnya baru siswa mempraktikan sesuai apa yang sudah di praktikan guru dan instruksi yang ada pada modul praktik
- Bantu siswa yang kesulitan, ini bisa di lakukan siswa lainnya yang sudah lebih dulu selesai (tutor sebaya)
- Lakukan evaluasi dengan soal praktik, cek semua siswa, jika semuanya sudah mampu maka beri penilaian masing-masing siswa
- Akhiri praktik dengan mematikan komputer sesuai prosedur
Cara mengajar TIK/Komputer secara teori
Berbeda dengan cara mengajar praktik. Dalam mengajar TIK/Komputer di Sekolah Dasar secara teori memang perlu medi proyektor, kalaupun terpaksa harus disajikan menggunakan metode ceramah, itu sebatas knowledge saja. Guru menjelaskan materi yang di tampilkan melalui proyektor, sekaligus mempraktikan materi yang di bahas tersebut. Untuk itu guru TIK sejak awal sudah menentukan materi apa saja untuk KBM teori, dan materi apa saja untuk KBM praktik.
Materi-materi teori guru bisa memilihnya dengan kriteria sendiri sesuai target kompetensi yang sudah ditetapkan pada silabus. Misalkan materi TIK yang berhubungan pengetahuan umum, atau materi yang berkaitan dengan sumber informasi terkini.
Contoh materi yang disampaikan secara teori:
- Materi akibat positif dan negatif teknologi internet
- Materi penggunaan perangkat teknologi untuk kehidupan sehari-hari
- Materi penggunaan internet untuk sumber pengetahuan dan belajar membuat animasi, dan lain sebagainya...
Dalam menyampaikan materi teori memang memiliki tantangan sendiri, salah satunya siswa biasanya cenderung tidak tertarik dengan materi yang di sampaikan secara teori. Guru perlu mengkondisikan anak terlebih dahulu, sebelum memulai ceramahnya. Guru juga kadang "bermasalah" ketika menyampaikan materi-materi teori tersebut, guru kadang malas bicara panjang lebar menceritakan baik buruk internet, menceritakan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat animasi dan seterusnya.
Untuk mensiasatinya, berikut beberapa langkah yang bisa di siapkan sebelum mengajar materi secara teori:
- Ukur durasi waktu pembelajaran, 2 x 30 menit, 2 x 35 menit, 2 x 40 menit, atau satu jam penuh. Misalnya durasinya 2 x 35 menit, maka bagi jumlah waktu tersebut untuk beberapa kemungkinan, misalnya 10 menit pertama untuk persiapan seperti mengkondisikan siswa, apersepsi dan seterusnya. 30 menit selanjutnya untuk menyampaikan materi secara singkat, jelas, dan sesuai dengan soal evaluasi. 20 menit selanjutnya untuk melakukan evaluasi, dan 10 menit terakhir untuk menyimpulkan materi serta menyampaikan materi selanjutnya. Perencanaan seperti ini sebenranya sudah tercantum dalam lesson plan / RPP.
- Buat draft materi yang akan di sampaikan, buat dalam bentuk numbering, point-point pentingnya saja. Point-point tersebut merupakan point dari soal evaluasi. Kemudian cari referensi yang sesuai, lengkapi juga dengan gambar / video pendukung. Materi-materi tersebut durasinya tidak lebih dari 30 menit. Ingat: singkat - padat - jelas.
- Buat lembaran soal dan kunci jawaban untuk mengevaluasi siswa. Cetak soal tersebut sebanyak jumlah siswa.
6. Bagaimana cara mengajar TIK/Komputer yang menyenangkan?
Pada dasarnya mata pelajaran TIK/Komputer merupakan mata pelajaran yang sangat menyenangkan bagi siswa, karena merupakan mata pelajaran praktik, dimana siswa bisa bereksplorasi dengan media yang menyenangkan, yaitu perangkat komputer.
Ada beberapa tips yang saya lakukan agar proses belajar TIK yang sudah menyenangkan tersebut tetap menyenangkan, dan tidak berubah menjadi tidak menyenangkan lantaran melihat ekspresi guru yang tidak ramah, terlalu banyak larangan ini itu dengan alasan komputernya takut rusak, aturan lab yang super ketat sehingga siswa untuk tertawa saja menjadi takut, dan seterusnya.
- Buat suasana kelas serileks mungkin, serius tapi santai, santai tapi tidak menghambat proses KBM
- Biarkan siswa membawa cemilan seperti perment, soft drink, atau snakc lainnya. Belajar sambil mengunyah makanan untuk sebagian guru memang dianggap tidak disiplin, tetapi untuk belajar yang menyenangkan biarkan itu terjadi, tetapi beri arahan untuk menjaga kebersihan
- Sesekali nyalakan musik yang di sukai anak-anak, jangan terlalu keras tetapi cukup membuat suasana menjadi asyik
- Buat kelas menjadi wangi, entah menggunakan pewangi ruangan, atau dengan menyemprotkan parfume. Pecaya atau tidak kelas yang wangi akan membuat siswa lebih rileks
- Ajak siswa untuk becanda, tertawa dan kegiatan menghibur lainnya yang membuat siswa tidak grogi dengan gurunya
- Beri hadiah kecil untuk siswa yang lebih dulu mampu menyelesaikan tugas, dan beri tanggungjawab yang menyenangkan buat mereka yaitu mengajari temennya yang belum bisa
7. Bolehkah siswa bermain Games sesudah menyelesaikan tugas?
Games merupakan aktivitas yang menyenangkan, karenanya banyak siswa yang meminta guru untuk memperbolehkan dirinya menjalankan aplikasi Games yang ada dalam komputer. Beberapa sekolah dan guru TIK melarang aktivitas ini, karena di anggap mengganggu proses KBM dan berpengaruh buruk juga terhadap siswa.
Tapi sebenarnya guru bisa mensiasatinya dengan memilih games-games edukasi yang bisa di download dengan mudah di internet. Games boleh saja di berikan, tapi dengan syarat. Misalnya, siswa boleh bermain games jika tugas sudah selesai di kerjakan, anggap games sebagai reward. Dan games yang di mainkan adalah games yang sudah dipilih oleh guru. Jika menggunakan komputer jaringan, maka aktivitas games tersebut bisa lebih terkontrol.
[ Anda juga bisa mengunduh ebook cara mengajar TIK/SD untuk SD yang menyenangkan pada tautan yang sudah disiapkan disini: Download - eBook ]
Baca artikel tentang cara mengajar lainnya:
Cara Tepat Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD
Cara Mengajar Mata Pelajaran IPS Kepada Siswa Sekolah Dasar (SD)
Cara Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD Yang Epektif
Demikian artikel
cara mengajar kali ini dengan judul
Cara Mengajar TIK/Komputer SD Yang Epektif Efisien dan Menyenangkan , semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan sharing pengalaman penulis dengan temen-temen guru TIK/Komputer SD lainnya. Baca juga artikel cara mengajar mata pelajaran lainnya yang sudah lebih dahulu di terbitkan di blog ini. Kritik dan saran atas artikel-artikel yang sudah di terbitkan, terutama artikel ini sangat penulis hargai. #Terimaksih sudah berkunjung!
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...