Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Cara Mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD Yang Epektif-Cara mengajar kali ini bisa di coba oleh temen-temen yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran penting yang ada dalam daftar mata pelajaran di Sekolah Dasar, mata pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang di UN kan, karenanya mata pelajaran ini selalu mendapat perhatian lebih dari guru kelas. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan pengalaman serta inovasi untuk mengajar mata pelajaran ini agar siswa menjadi senang dan dapat mencapai kompetensi yang ditargetkan guru kelas sesuai silabus pelajaran yang sudah ditetapkan.
Apapun mata pelajarannya, dan menarik atau tidaknya pelajaran tersebut bagi peserta didik, adalah tergantung dari dan bagaimana yang menyampaikanna, yaitu guru yang mengajar saat itu. Karenanya latar belakang pendidikan yang sesuai dengan mapel yang diampu, kometensi dan pengalaman, inovasi dan kreativitas guru akan sangat berpengaruh pada proses KBM berlangsung.
Metode mengajar bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Metode mengajar merupakan cara mengajar dengan menggunakan pendekatan ilmiah berdasarkan hasil penelitian para pakar dan lain sebagainya, atau bisa juga berdasar pada pengalaman mengajar guru itu sendiri.
Metode yang sering digunakan dalam mengajar pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Masing-masing tetode tadi memiliki kekurangan dan kelebihan, karenanya guru dituntut untuk memahami berbagi metode. Kompetensi keahlian sesuai bidang keilmuan yang diperoleh di kampus akan sangat bermanfaat digunakan sebagai solusi akdemik ketika guru menemukan berbagai kendala dalam proses KBM. Guru diharapkan mampu menyelesaikan setiap permasalahan, kendala yang dihadapi dan berbagai hal yang menghambat ketercapaian target pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut.
Bagaimana cara mengajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang Epektif?
Untuk menjawab pertanyaan ini, kita simak pernyataan seorang ahli dari Jerman. Frolebel, seorang pendidik dari Jerman, percaya bahwa salah satu alat yang terbaik untuk mendidik anak-anak yaitu dengan melalui permainan. Menurut Forolebel, anak-anak lebih siap dan berpotensi untuk bermain daripada cara lain.
John Locke seorang filusuf Inggris pada abad ke 17, juga meyakini bermain dapat membantu usaha mencapai tujuan pendidikan.
Sedangkan Rousseau dan Emile menekankan pentingnya bermain yang dapat bermanfaat dalam perkembangan anak. Bahkan Conny R. Semiawan (1994:64) lebih menekankan lagi, menurutnya “Dunia anak adalah dunia gerak dan bermain”.
Dari beberapa tokoh diatas, bahwa metode permainan adalah cara yang tepat untuk mengajar di sekolah dasar adalah dengan metode permainan.
Metode permainan dalam mengajar pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Ada banyak metode permainan yang bisa digunakan guru Bahasa Indonesia:
- Permainan bisik berantai. Permainan ini melatih siswa untuk belajar menyimak dan mendengar.
- Permainan Kim lihat. Permainan ini melatih siswa untuk belajar berbicara dan menyimak
- Permainan Detektif. Permainan ini melatih siswa untuk belajar membaca dan menulis
- Permainan Bertanya dan menerka. Permainan ini melatih keterampilan siswa untuk berpikir analisis dan melatih siswa dalam hal berbicara
- Permainan Baca lakukan. Permainan ini melatih keterampilam membaca dan menulis
- Permainan Bermain telepon. Permainan ini melatih keterampilan berbicara.
- Permainan meloncat bulatan kata. Permainan ini cocok untuk membaca permulaan.
- Permainan Perjalanan dengan Denah. Permainan ini melatih keterampilan menulis, membaca denah dan menyimak.
- Permainan mengarang secara bergotong royong. Permainan ini melatih keterampilan menulis, menyusun karangan dan membuat kalimat.
- Permainan stabilo kata. Permainan ini melatih membaca cepat dan cermat serta memahami kalimat efektif. Cocok untuk kelas V dan VI
- Permainan kata dari wacana. Permainan ini melatih kemampuan membaca dan kosa kata.
- Permainan cerita berantai. Permainan ini melatih keterampilan menyimak dan menyusun cerita yang runtut. Cocok untuk kelas tinggi.
- Permainan siap laksanakan perintah. Permainan ini melatih kemampuan menyimak.
- Permainan menyusun kata atau kalimat secara bersam-sama. Permainan ini melatih keterampilan membaca dan menyusun kalimat.
Metode permainan diatas bisa dikembangkan lagi dengan inovasi dan kreativitas guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, atau dengan memilih beberapa metode diatas yang dirasa paling sesuai dan cocok dengan habit sekolah masing-masing.
Untuk melengkapi metode-metode tersebut, guru Bahasa Indonesia juga bisa menggunakan kecanggihan teknologi. Seperti menggunakan alat pemutar video ( bisa DVD player, atau notebook/laptop) untuk memutar berbagai penggalan drama / film. Guru juga bisa mendengarkan dongeng atau cerita, dan lain sebagainya.
Baca cara mengajar pelajaran lainnya:
Cara Tepat Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD
Cara Mengajar Mata Pelajaran PKN Untuk Siswa Sekolah Dasar Yang Epektif
Referensir:
http://metodepengajaranbahasaindonesia.blogspot.co.id/2013/01/studi-lapangan-di-kelas-v-sdit-atikah.html
http://pustakaprabu.blogspot.co.id/2011/12/bagaimana-cara-mengajar-bahasa.html
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...