Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Cara Mempromosikan Sekolah SMK Swasta Baru Agar Mendapatkan Banyak Siswa-Penerimaan siswa baru hampir selesai, tapi SMK tempat temen-temen mengajar masih sepi yang mendaftar untuk menjadi siswa. Pengelola sekolah mulai galau, dan pesimis untuk bisa mendapatkan lebih banyak siswa di tahun ajaran baru sekarang ini.
Kang Abiey dalam posting kali ini akan coba memberi solusi solusi sederhana berdasarkan pemikiran dan pengalaman selama terlibat dalam kepanitiaan PSB, atau hasil dari pengamatan tidak langsung dari SMK yang selama ini selalu kebanjiran siswa baru.
Ada banyak hal yang semestinya menjadi perhatian para pengelola SMK, ketika sekolahnya ingin mendapatkan siswa baru. Dan perlu diingat, siswa baru tidak datang sekonyong-konyong, mereka datang berdasar referensi orang lain. Orang lain itu bisa siswa kita sendiri, para wali siswa, Guru, atau masyarakat yang mengetahui keberadaan SMK kita. Nah untuk memperkenalkan keberadaan SMK kita kepada masyarakat itulah yang kita sebut promosi, ini pekerjaan menantangnya. Semakin banyak masyarakat mengenal SMK kita maka semakin mudah untuk mendatangkan siswa baru ke sekolah kita.
Bagaimana agar SMK kita dikenal oleh Masyarakat banyak?
- Strategi mengenalkan SMK kita ke masyarakat dimulai dari mengelola orang tua siswa, pelayanan yang baik terhadap mereka akan berdampak positif pada penyebaran informasi tentang SMK kita oleh para wali siswa tersebut. Minimal para wali siswa itu akan bercerita kepada sudara terdekatnya.
- Strategi berikutnya yaitu dengan mengenalkan keberadaan SMK kita ke pihak sekolah yang levelnya dibawah SMK, misal ke SMP, MT's dilingkungan sekitar. Cari beberapa guru di level tersebut yang bisa diajak kerjasama untuk menyebarkan informasi SMK kita tersebut, kelola guru-guru yang mau diajak kerjasama tersebut dengan baik.
- Sering tampil dimuka umum, maksudnya sering ikut berpartisipasi atau menjadi panitia dalam banyak kegiatan yang dilihat oleh masyarakat banyak. Semakin sering mengadakan atau ikut kegiatan maka semakin sering pula SMK kita dilihat dan diingat oleh masyarakat. Terlebih kalau kegiatannya penetrasinya ke masyarakat, misalnya baksos.
- Pasang baliho di lokasi yang strategis. Jangan kalah sama perusahaan perumahan disekitar sekolah yang begitu gencarnya mempromosikan diri, sekolah pun harus begitu, pasang gede-gede foto profil sekolah, alamat, dan beberapa teks promosi lainnya. Gunanya tak lain agar mudah dilihat orang banyak yang nantinya mereka tahu SMK kita tersebut.
Yang diatas tadi adalah bagian awal memperkenalkan SMK ke masyarakat. Point pentingnya, jika SMK kita sudah dikenal oleh masyarakat luas, tahap berikutnya adalah promosi yang tepat sasaran. Promosi yang dimaksud adalah promosi penerimaan siswa baru, bukan promosi memperkenalkan keberadaan SMK, karena tahap tersebut sudah dikerjakan diatas tadi.
Baca juga ini;
Tips Bagaimana Sekolah Swasta Bisa Bersaing Dengan Sekolah Negeri Unggulan
Promosi yang mendatangkan banyak siswa
Strategi promosi yang benar akan berdampak pada kuantitas pendaftar, jumlah siswa menjadi ukuran keberhasilan promosi yang sudah dilakukan. Sehebat apapun kualitas sekolah jika tanpa promosi yang baik maka keberhasilan mendapatkan siswa baru akan berkendala, dan bisa sepi pendaftar.
Promosi dengan target untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya siswa seuai kutota kelas yang tersedia, tentu harus dengan perencanaan yang matang, bila perlu mendatangkan konsultan marketing yang kompeten dibidang ini. Mari kita buat perencanaan tersebut;
- Siapkan anggaran yang cukup, untuk itu lakukan perhitungan item yang akan dibeli atau dibayar untuk segala bentuk kegiatan promosi. Anggaran yang besar akan memperlancar semua kegiatan promosi, sementara anggaran yang pas-pasan perlu efesiensi. Anggaran ini sebaiknya sudah tersedia diawal tahun ajaran baru, jadi promosinya ditahun ajaran baru tahun depan tapi dananya sudah tersedia diawal tahun ajaran baru sekarang. Karena dana tersebut akan digunakan untuk promosi jangkan panjang selama setahun.
- Buat daftar kegiatan promosi dan kalender kegatannya, biasanya ini sudah tercantum dalam proposal kegiatan PSB. Ingat, yang akan kita lakukan adalah promosi selama setahun, bukan promosi sebulan dua bulan, sebab targetnya ingin mendapatkan banyak siswa.
- Siapkan tim yang kompak, yang mau bekerja lebih keras untuk mendapatkan target siswa sebanyak-banyaknya. Tim ini adalah guru yang fighter, atau jika dana tersedia silahkan berbelanja SDM khusus untuk kepentingan marketing selama setahun. Tim ini harus benar-benar bekerja bukan cuma sekedar ada nama dalam keanggotaan panitia PSB, karenanya dibutuhkan leader yang mampu mengatur strategi dan bisa memotivasi tim.
- Tahu sasaran promosi tepat. Ada banyak SMP, MTs dilingkungan sekitar, tapi tidak semua SMP/Mts tersebut adalah sasaran promosi yang tepat. Bisa saja siswa di salah satu SMP/MTs merupakan siswa ekslusif yang minatnya ke sekolah tertentu. Jadi akan percuma mati-matian promosi disana, dan hanya akan membuang-buang biaya dan tenaga saja. Karenanya kenali dulu kualitas SMK kita terlebih dahulu, dengan mengetahui kualitas diri kita akan tahu sasaran promosi yang tepat. Nanti pembahasan ini akan dibahas terpisah.
- Ketahui TINGKAT PEREKNOMIAN MASYARAKAT SEKITAR sekolah kita. Ini terkait dengan berapa besar biaya masuk, SPP dan pembiayaan sekolah lainnya. Jika tingkat perekonomian di lingkungan sekitar merupakan masyarakat kelas menengah kebawah maka sesuaikan biaya sekolah, artinya jangan mahal-mahal, sebab mereka akan menghindari sekolah dengan biaya mahal sekalipun mereka tahu kualitasnya bagus. Rasional saja. Kecuali masyarakat disekitar sekolah kita merupakan masyarakat dengan penghasilan menengah keatas, maka silahkan jual kualitas sekolah dengan harga yang pantas. Untuk masalah ini juga akan dibahas terpisah.
Oke, lima item diatas meruapakan bagian dari perencanaan promosi PSB SMK kita. Silahkan realisasikan satu persatu sejak tahuan ajaran baru ini. Anggaran siap, tim kompak dan fighter, sasaran promosinya sudah terukur, dan tingkat perekonomian masyarakat sekitar juga sudah teranalisa, maka action nya mulai dari sekarang, dari tahun ajaran baru ini.
Penting juga : Tips Branding Sekolah untuk mendapatkan lebih banyak siswa baru
Promosikan SMK kita sekarang juga
Ini praktiknya, yang diatas itu teorinya. Mari dan silahkan kerjakan bersama tim;
- Mulai dari kegiatan MOS. Pada masa orientasi siswa baru ini penilaian awal siswa baru terhadap ukuran kualitas sekolah dan pelayanan didalamnya. Karenanya buat acara MOS yang berbeda yang bisa menimbulkan kesan manfaat, menarik dan memotivasi. Jangan ada yang namanya plonco-ploncoan, menyuruh siswa baru bergaya aneh-aneh, tapi lakukan mereka layaknya menyiapkan generasi terbaik calon menteri dan pejabat negara. Acaranya seperti apa? Silahkan anda berkreasi dan menyusun acaranya semenarik mungkin. Targetnya, pengalaman MOS ini akan diceritakan oleh siswa baru tersebut kepada orang tuanya dan teman-temanya, dengan demikian promosi gratis dan epektif dari mulut siswa yang jujur itu mulai didengungkan. Dan ini akan teringat oleh mereka yang mendengarnya dan mudah-mudahan ditahun ajaran baru kedepannya mereka akan menyekolahkan anaknya di SMK kita tersebut.
- Benahi guru dan SDM. Ini terkait dengan pelayanan kepada siswa. Jangan sampai promosinya kenceng tapi pembenahan SDM didalam nihil. Pas siswa masuk kelas dan mau belajar gurunya tidak ada, atau telat mulu datangnya lantaran kecapean ngajar di SMK lain. Guru yang selali on time, model pembelajarannya menarik dan mudah dipahami siswa, fasilitas pendukung memadai, akan menjadi bahan pembicaraan siswa juga di masyarakat, dan masyarakat akan tahu kualitas SMK kita. Kalau SMK kita adalah SMK swasta usahakan jangan ada Guru terbang, yang jam ngajar di sekolah lainnya banyak, ini tidak bakal bener, mending rekrut guru yang siap on time every day sekalipun tentu mesti bayar double mereka. Nanti sebanding kok dengan loyalitasnya.
- Lengkapi fasilitas praktiknya. Jangan ngaku SMK kalau fasilitas praktiknya tidak ada. Maka dari itu pengelola sebisa mungkin mengadakan semua fasilitas praktik yang cukup. Agar ketika praktik ada media yang dipraktikannya, juga ada guru produktifnya. Fasilitas praktik plus guru produktif yang sesuai dan loyal juga akan menjadi bahan cerita siswa ke orang tuanya yang oleh orangtuanya nanti bisa diteruskan ke sodara atau tetangga, ini juga bagian dari strategi promosi. Kalau orang tua siswa yang promosi, kita tidak harus membayarnya, dan percayalah promosi mereka lebih militan.
- Buat eskul yang mendukung mata diklat kejuruan, dan eskul tersebut bisa terlihat oleh masyarakat sekitar. Eskul apa saja itu? Banyak kok, kalau SMK kita program keahliannya Multimedia, eskul Jurnalistik salah satunya, kegiatan kejurnalistikan sinkron dengan program keahlian, dan aksi mereka melakukan liputan atau reportase dengan seragam jurnalis sekolah plus dengan atribut ala wartawan seperti kamera LSR, tripod, dan lain sebagainya bisa memancing perhatian masyarakat yang melihatnya. Yang seperti ini juga bagian dari strategi promosi.
- Ikuti kegiatan perlombaan, misalnya LKS. Biar tidak juara, tapi nama sekolah mulai dikenal. Syukur-syukur masuk juara, pasti nama sekolah kita semakin dikenal. Bukan cuma LKS, tapi lomba lainnya yang diadakan instansi atau kampus-kampus. Judulnya partisipasi, tapi visinya nabung piala, misi terselubungnya promosi sekolah. Kan semakin banyak piala, semakin banyak kata prestasi yang bisa dijadikan alat promosi.
- Buat perlombaan. Bukan sekedar ikut lomba, tapi juga buat perlombaan. Lomba ini pesertanya ya SMP/MTs itu, misinya tetap promosi, strateginya dengan memberikan beasiswa bagi yang juara, atau beri cinderamata yang bisa mengingatkan para peserta lomba ke SMk kita terus terusan. Modelnya seperti apa silahkan diskusikan dengan tim PSB.
- BEKERJASAMA DENGAN PANITIA PSB SMK / SMA NEGERI, maksudnya apa ini? Ingat loh masuk SMK negeri itu biasanya tes, karena dibatasi dengan kuota kelas, tidak boleh lebih dari 10 kelas. Nah disini actionya, kita minta kepada panitia PSB di SMK/SMA negeri tersebut untuk mengarahkan para calon siswa yang tidak lulus tes itu ke SMK kita, strateginya biar mereka yang atur tapi pesan utamnya kita yang meminta.
- Bekerjasama dengan wali kelas atau kepala sekolah, atau kesiswaan di SMP/MTs untuk merekomendasikan SMK kita kepada siswa siswinya. Ini penting, sebab biasanya siswa cenderung mempercayai apa yang diberitahukan gurunya ketimbang kita yang promosi didepan mereka.
- Pasang spanduk tidak harus menunggu bulan penerimaan PSB. Di moment hari besar islam atau hari kemerdekaan dan lain sebagainya juga bisa dimanfaatkan untuk memasang spanduk ucapan selamat hari raya dst dengan embel-embel nama SMK kita.
- Bombardir internet dengan tag tag SMK kita. Mau lewat sosial media, mau lewat blog, mau lewat BBM, WA dan lain sebagainya. Posting tiap hari tag tag yang bertuliskan SMK kita, kegiatanSMK dan lain sebagainya, intinya ketika seseorang menuliskan nama SMK kita langsung ketemu di mesin pencari, percaya atau tidak anak-anak sekarang sering mencari profil SMK di google, kalau kita bisa memanfaatkan ini pasti hasilnya akan signifikan juga terhadap peminatan kedepannya.
Dan baca:
Tips Mendapatkan Banyak Siswa Dengan Cara Promosi PSB Yang Berbeda Seperti ini
Menganalisa sasaran promosi dan tingkat ekonomi masyarakat sekitar
Seperti yang sudah disinggung diatas, kita harus tahu target promosi yang tepat. Jangan sampe salah promosi ke sekolah yang kualitas nya tidak selevel dengan SMK kita, kalau dibawah SMK kita sih tidak terlalu masalah, tapi kalau diatas SMK kita ini sangat bermasalah. Usahakan promosi kepada smp / mts yang level nya sama.
Perlu diingat, ketika orangtua siswa memilih menyekolahkan anaknya di SMK swasta pertimbangannya ada dua, yang pertama kualitasnya dan yang kedua biayanya. Dan yang dominan biasanya biaya, kecualia tingkat pendapatan / perekoniman masyarakatnya menengah keatas biasanya yang lebih dominan adalah kualitasnya.
Untuk itu sebelum menentukan berapa nominal biaya, atau DSP, sebaiknya menganalisa tingkat perekonomian masyarakat sekitar dulu, untuk melakukan hal ini tidak terplu sensus cukup melihat grafik pembayaran siswa, banyak nunggaknya tidak, dari data siswa yang sudah ada juga bisa dilihat rata-rata jenis pekerjaan para orang tua siswa yang selanjutnya bisa dijadikan sample analisa. Ketahui juga DSP SMK saingan, usahakan jangan lebih tinggi dari SMK saingan, kalaupun harus tinggi karena disesuaikan dengan cost operasional maka kisarannya jangan terlalu jomplang.
Ada strategi menarik prihal pembiayaan DSP dan lain sebagianya yang digunakan salah satu SMK, dimana SMK tersebut menggratiskan DSP, dan memangkas SPP menjadi sekecil mungkin sampai kisaran Rp.85.000; per bulan. Dari segi ekonomi sebenarnya ini tidak logis, tapi yang tidak logis ini menjadi logis ini menjadi logis manakala jumlah siswa sangat banyak. Gratis, pasti banyak peminat tentunya.
Menjadi logis karena, ketika jumlah siswa sudah ribuan maka kucuran dan BOS nya pun akan sangat besar bisa mencapai angka milyaran. Nah rupanya strategi inilah yang diambil oleh salah satu SMK tersebut, mengejar kuantitas / jumlah siswa sebanyak-banyaknya dengan target mendapat dana BOS sebesar-besarnya. Impas kan, dana 1 Milyar tidak bakal habis hanya digunakan untuk membeli perlengkapan ATK dan gaji guru. Strategi semacam ini bisa juga ditiru, kejar dulu kuantitas, dapatkan nominal dana BOS sebesar-besarnya. Jadi mendapat untungnya bukan dari DSP, melainkan dari dana BOS yang milyaran itu.
Memang tidak ada straegi yang lebih "mengena" dibanding dengan sekolah gratis, itu karenanya kenapa di sekolah-sekolah negeri siswanya selalu banyak, karena gratis menjadi salah satu alasannya. Kalau yang negeri saja bisa GRATIS, kenapa yang swasta tidak bisa, toh sama-sama mendapatkan kucuran dana BOS.
Baca ini:
Sekarang Tidak Perlu Lagi Proposal Agar Sekolah Mendapatkan Bantuan, Ini Caranya
Demikian ulasan singkat mengenai
cara mempromosikan sekolah swasta baru agar mendpatkan banyak siswa, semoga menambah perbendaharaan pengetahuan dan motivasi bagi temen-temen yang terlibat dalam kepanitaan penerimaan siswa baru (PSB) di sekolahnya masing-masing. Pembahasan dengan topik sama nanti akan kang abiey sambung pada tulisan berikutnya. Ikuti terus artikel-artikel yang kang abiey tulis, kritik saran nya silahkan cantumkan di kolom kementar tulisan ini.
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...