Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Cara Mengajar PKN Yang Menyenangkan Untuk Siswa SMK-Menjadi Guru mata pelajaran Pendidikan Kewargenegaraan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki banyak variasi mengajar, bukan cuma metode yang tentunya sudah dikuasai oleh Guru PKn tersebut. Jika tidak, maka proses KBM akan terasa datar-datar saja, dan bisa jadi malah dirasa menjenuhkan oleh para siswa. Karenanya Guru PKn perlu terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya terutama dalam hal proses pembelajaran dalam kelas. Banyak membaca buku-buku cara mengajar, banyak mengikuti workshop atau seminar KBM tentu menjadi salah satu bagian dari proses meningkatkan kompetensi Guru tersebut. Tapi tidak demikian adanya kalau Guru PKn tersebut juga tidak giat dan sering berlatih dan sharing kepada guru yang dinilai memiliki kemampuan mengajar yang baik. Berikut beberapa tips yang bisa temen-temen coba pada saat mengajar mata pelajaran PKN di SMK...
Perlu diketahui Kang Abiey belum pernah mengajar mata pelajaran PKn di SMK, pernah juga mengajar mata pelajaran tersebut di Sekolah Dasar. Jadi empirisnya adalah ketika kang abiey mengajar PKn di SD, pun demikian beberapa referensi bisa kang abiey jadikan panduan untuk menulis tips mengajar kali ini. Tentu referensi tersebut haruslah dari sumber yang terpercaya.
4 Tips Mengajar PKn untuk Siswa SMK
1. Kuasai materi PKn yang akan diajarkan
Menagajar mata pelajaran apapun, yang lebih penting terlebih dahulu diperhatikan oleh Guru yang akan mengajar adalah penguasaan materinya. Sehebat dan seberpengalaman apapun jika guru tidak menguasai materi maka proses KBM nya akan terasa menjenuhkan bagi siswa. Karenanya sebelum mengajar sebaiknya guru harus membaca, memahami, dan mencoba mencarikan solusi-solusi yang tepat untuk proses penyampaian materi kepada siswanya nanti pada saat KBM.
Terlebih yang akan diajar adalah siswa dan siswi di SMK, yang notabene mereka adalah kelompok remaja, kalau guru tidak menguasai materi bisa saja mereka akan dengan langsung mengatakan materi pelajaran yang kita ajar itu tidak menarik. Atau bisa pula mereka langsung tutup buku dan menguap.
2. Pilih metode yang tepat
Metode mengajar merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh para pakar secara akademis, karenanya menggunakan metode mereka adalah hal yang harus kita lakukan untuk mendapatkan proses KBM yang tepat. Tentu tidak semua metode bisa diterapkan, maka carilah metode yang sesuai yang sudah sering digunakan oleh guru mata pelajaran PKn lainnya. Pemilihan metode yang tepat akan membantu Guru PKn dalam menyampaikan materi yang menyenangkan kepada siswa SMK. Bukan cua menyenangkan tetapi komptensi dasar yang dibahas pun sampai kepada siswa, indikatornya siswa mampu menyelesaikan setiap evaluasi yang diberikan.
3. Gunakan media belajar yang sesuai
Penguasaan materi dan metode saja belumlah cukup untuk bisa menarik perhatian siswa, maka gunakan media lain. Media tersebut seperti gambar pahlawan, atau media digital berupa video dokumenter yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Bisa pula film yang mengisahkan cerita yang sesuai dengan materi. Bisa pula video pembelajaran interaktif dan lain sebagainya.
4. Refreshing dengan Games edukasi
Pelajaran PKn itu merupakan pelajaran teori, dan kebanyakan guru mengajarnya dengan metode ceramah. Karenanya hanya sedikit guru yang mampu mengajar mata pelajaran ini dengan menyenangkan. Untuk menghilangkan kejenuhan tersebut guru bisa menyisipkan games-games edukasi yang bisa merefreshing sejenak para siswa pada saat belajar PKn. Games tersebut tentu yang mengarah ke materi ajar saat itu. Seperti apa gamesnya? Temen-temen guru bisa menciptakan sendiri bentuk games tersebut, atau untuk referensi tinggal mencarinya via google disitus-situs yang berisi konten edukatif tentunya.
BACA:
Cara Mengajar Bahasa Inggris Yang Epektif Untuk Siswa SMA Sederajat
Beberapa hal yang harus dihindari dalam mengajar PKn
1. Jangan terlalu banyak menulis
Karena pelajaran PKn merupakan pelajaran yang lebih banyak muatan teorinya, maka dalam buku PKn pun biasanya berisi tulisan-tulisan yang panjang. Kalau Guru mengajar hanya mengacu kepada buku pelajaran PKn tersebut, sudah dipastikan guru mata pelajaran PKn ketika mengajar pasti akan memberikan catatan yang juga panjang. Entah dengan menulis di papn tulis, atau menugaskan siswa untuk membacakan materi yang harus dicatat tersebut.
Terlalu sering memberikan tugas mencatat/menulis akan membuat siswa bosan, jenuh dan memberi legitimasi yang kurang baik kepada guru mata pelajaran PKn. Sering kang abiey mendengar kata-kata siswa yang menganggap kalau ada pak ini yang mengajar PKn pasti menulisnya panjang sampai pegel. Akhirnya pelajaran PKn dan guru PKn menjadi satu paket yang tidak menyenangkan siswa. Untuk itu hindari terlalu sering memberi tugas menulis kepada siswa, kalaupun harus ada, ya berikan point pentingnya saja, kalau semua dianggap penting maka lebih baik sarankan siswa untuk membeli buku PKn saja atau memfotokopinya saja dan bagikan. Ini akan menghemat waktu yang akan terlalu habis hanya untuk menulis dibanding dengan proses KBM nya.
2. Ceramah PKn bukan ceramah agama
Walaupun mata pelajaran PKn erat kaitannya dengan norma dan itu juga sinkron dengan nilai-nilai positif dalam pendidikan agama, sebaiknya bedakan pemilihan kata dan kalimatnya antara ceramah mengajar PKn dengan ceramah mengajar pendidikan agama. Agar jangan sampai siswa mengatakan ini pelajaran PKn atau pendidikan agama. Untuk itu kurangi porsi ceramah dan ganti dengan kegiatan yang lebih produktif seperti 4 hal yang sudah dibahas diatas tadi.
BACA:
Cara Mengkondisikan Kelas Ketika Banyak Guru Yang Tidak Hadir di Sekolah
Demikian beberapa hal mengenai
Cara Mengajar PKN ini, semoga bisa bermanfaat untuk temen-temen yang mengajar mata pelajaran PKn di SMK khususnya, dan level SMA pada umumnya. Silahkan coba beberapa tips diatas dan hal yang menurut kang abiey kurang produktif diakhir tulisan ini untuk tidak dilakukan pada saat mengajar PKN tersebut. Selamat mencoba!
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...