Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Tips Membuat Iklan Komersial Untuk Siswa SMK Peserta Ujikom 2016 Keahlian Multimedia--Buat kalian siswa siswi SMK dari keahlian Multimedia yang akan mengikuti praktik kejuruan / uji kompetensi keahlian yang memilih soal UKK paket 1 membuat iklan komersial audio videografivisual produk makanan ringan, berikut beberapa tips pembuatan iklan makanan ringan yang bisa kalian pelajari yang mudah-mudahan bisa memberi referensi untuk pengerjaan project iklan yang akan kalian buat nanti pada saat uji kompetensi nanti.
Tips yang pertama adalah ketahui dulu apa itu iklan komersial, dan apa bedanya dengan iklan layanan masyarakat? Iklan komersial berbeda dengan iklan layanan masyarakat. Iklan komersial menitikberatkan pada promosi produk yang akan dijual, disitu kalian harus bisa meyakinkan audiens tentang keunggulan-keunggulan dari produk yang ditawarkan lewat iklan yang akan kalian buat nanti. Ingat, yang lebih penting setiap audiens yang melihat iklan yang kalian buat bisa langsung mengerti dengan produk yang diiklankan beserta keunggulan-keunggulannya, setelah itu mereka jadi tertarik dan ingin membeli produk yang da dalam iklan tersebut. Konsep iklan yang mudahdipahami, disain yang menarik tetapi tidak membuat audiens bingung, adalah dua hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan iklan komersial.
4 Tips Membuat Iklan Komersial Audio Videografivisual produk makanan ringan
1). Buat iklan yang singkat
Ingat iklan itu bukan film, dan bukan iklan layanan masyarakat yang bisa bermenit-menit bahkan berjam-jam durasinya. Dalam soal UKK SMK keahlian Multimedia 2016 durasi iklan dibatasi maksimal 2 menit. Dengan waktu 2 menit tersebut diharapkan kalian bisa membuat sebuah iklan yang menarik dan langsung mudah dipahami audiens. Dari referensi yang kang Abiey baca dari situs http://blog.maxyart.com, bahwa untuk iklan yang sederhana cukup dalam durasi 1 menitan, sedangkan untuk iklan komersial yang lebih kompleks durasinya antara 90-120 detik.
2). Jangan membuat iklan lelucon kalau nantinya tidak lucu
Maksudnya, jangan membuat video iklan yang menurut anda lucu ternyata hasilnya tidak lucu alias garing. Ini malah akan membuat audiens meninggalkan tayangan iklan kalian. Dalam
soal UKK SMK keahlian multimedia 2016 tema iklan yang bisa kalian pilih adalah "lucu, sedih, dan heroik". Nah kalau tidak bisa membuat adegan lucu, lebih baik memilih yang sedih atau heroik. Untuk mendukung iklan terlihat lucu, heroik atau sedih sebaiknya kalian baca kembali tentang materi Ilustrasi iklan pada pelajaran Disain Multimedia.
3). Gunakan bahasa yang jelas dan dipahami audiens
Gunakan bahasa yang jelas bukan singkatan, misalnya kata-kata beken seperti "di PHPin", tapi gunakan bahasa yang memang bahasa umum semua kalangan dan semua umur. Ingat kembali, dalam soal ukk iklan yang kalian buat untuk segala umur. Anak SD atau bapak-bapak 40 tahunan mana tau dengan arti kata "di PHPin".
4). Buatlah audiens seolah sedang menggunakan produk yang ada dalam iklan
Maksudnya, ketika audiens melihat iklan yang kalian buat, seolah-olah mereka merasakan benar tentang produk yang diiklankan. Misalnya iklan yang kalian buat adalah iklan komersial produk makanan ringan kerupuk udang pedas, maka buatlah audiens seolah sedang memakan kerupuk udang pedas tersebut dan sedang measakan renyah dan pedasnya kerupuk udang tersebut. Tentu untuk ini kalian harus bisa menampilkan video iklan yang benar-benar menggambarkan bagaimana pemeran mengunyah krupuk dan menunjukan ekspresi pedas. Kalau mau dipadukan dengan animasi, kalian bisa membuat epek rambut mengacung atau epek halilintar pada pemeran. Untuk itu konsep iklan, sinopsis, storyboard sampai ke pengambilan adegan (syuting) harus benar-benar diperhatikan.
5). Gunakan perpaduan clipt video dan animasi yang proporsional
Dalam soal UKK kalian bisa memilih bentuk iklan, apakah clipt video, iklan 2 D, 3D atau gabungan ketiganya. Yang terbaik adalah menggabungkan ketigannya. Tentu ini memerlukan skil yang lebih dan akan memberatkan kalian mengingat durasi UKK adalah 3 hari. Tapi ini bisa kalian siasati dengan menggabungkan clipt video dan animasi secara proporsional. Misalnya porsi yang dominan adalah clipt video, dan animasi hanya sebagai penegas atau penguatan terhadap clipt video tersebut. Contohnya pada saat menampilkan ekspresi pedas kalian bisa menampilkan animasi efek petir dan efek lainnya.
6). Jangan lupakan ilustrasi audio yang sesuai
Jangan sampai salah memilih ilustrasi audio pada iklan yang kalian buat. Jangan sampai iklannya tema sedih musiknya malah rock atau hip hop yang tidak nyambung, atau sebaliknya. Dan kalau bisa buatlah jingle iklan sendiri, untuk mensiasati ini kalian bisa memanfaatkan fasilitas karoke dalam komputer kalian yang kemudian di dub ke project iklan kalian.
BACA YANG INI JUGA:
Demikian
6 tips membuat iklan komersial audio videografivisual produk iklan makanan ringan untuk uji kompetensi SMK program keahlian Multimedia ini semoga bermanfaat untuk semuanya, terutama buat kalian siswa siswi SMK pada keahlian Multimedia. Semoga berhasil dalam UKK SMK 2016 ini, dan jangan lupa percaya diri dan selalu berdo'a agr sukses di UKK tahun ini sehingga kalian mendapat nilai yang bagus.
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...