Unduh Modul TIK SD Kelas 1,2,3,4,5,6 disini >>
Peta Konsep Pelajaran IPA Kelas 6 SD Materi Ciri Ciri Khusus Mahluk Hidup-Bagi Guru yang baru tahun ini mendapat amanah mengajar di kelas VI SD, atau khusus mengajar mata pelajaran IPA di kelas VI SD, melakukan pemetaan terhadap materi yang akan diajarkan merupakan strategi mengajar yang baik sebelum menyusun portofolio administrasi mengajar. Untuk bahan referensi
Kang Abiey dalam posting kali ini mencoba memetakan materi apa saja yang akan diajarkan Guru kelas atau Guru mapel IPA khusus pada bahasan materi ciri-ciri khusus pada mahluk hidup, materi ini merupakan materi perdana di semester ganjil kelas VI SD.
Sebelum kita petakan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 6 SD, terlebih dahulu kita lihat standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) IPA kelas VI SD semester ganjil.
SK/KD IPA Kelas VI SD Semester Ganjil
SK: 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
- 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
- 1.2 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
Itulah SK/KD mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 6 SD semester Ganjil pertemuan awal, terdiri dari dua kompetensi dasar. Yang akan kita petakan mata pelajaran IPA kelas 6 SD sesuai standar kompetensi diatas, dengan sumber belajar salah satunya buku sekolah elektronik (BSE).
Berikut peta konsep IPA kelas 6 SD materi ciri ciri khusus mahluk hidup
Berikut peta konsep mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VI Sekolah Dasar (SD)
Pada materi ini siswa akan diperkenalkan dengan ciri-ciri mahluk hidup pada hewan dan tumbuhan. Nanti batasan ciri-ciri mahluk hidup pada hewan dan tumbuhan tersebut pada beberapa contoh hewan dan tumbuhan, lihat peta konsepnya dibawah ini.
A. Ciri khusus pada Hewan
1). Ciri khusus pada hewan Cicak: dapat merayap di dinding
2). Ciri khususus pada kelelawar: memiliki kemampuan ekolokasi
3). Ciri khusus pada bebek: memiliki selaput kulit pada sela-sela kaki
B. Ciri khusus pada tumbuhan
1). Ciri khusus pada tumbuhan kantong semar: memiliki kantong penangkap serangga
2). Ciri khusus pada tumbuhan kaktus: batang tebal berduri dan daun kecil
3). Ciri khusus pada tumbuhan kejora: memiliki lengan daun sebagai penangkap serangga
Tiap-tiap bahasan ciri khusus pada hewan dan tumbuhan masing-masing dibatasi pada tiga contoh ciri khusus binatang dan tumbuhan.
Sebenarnya kita bisa menambahkan contoh binatang lainnya selain ciciak, bebek dan kelelawar, tapi untuk episiensi waktu sesuai hari epektif pada
kalender pendidikan, kita batasi pada ketiga hewan tersebut saja, tapi untuk pengembangan materi kita bisa menambahkan contoh ciri khusus pada binatang selain ketiga hewan tersebut. Begitupun dengan contoh ciri khusus pada tumbuhan, kita bisa menambahkan contoh ciri khusus tumbuhan lainnya.
Untuk pendalaman materi, atau tambahan materi, kita bisa mencarinya pada buku selain buku BSE. Setiap guru minimal memiliki dua sumber buku untuk pendalaman suatu materi ajar. Selain itu kita juga bisa mencari referensi dan media pendukung untuk mempermudah penyampaian materi, misalnya dengan menggunakan media video yang menampilkan kehidupan fauna, khususnya fauna yang terkait dengan materi, video semacam ini bisa dengan mudah kita dapat di internet.
Guru sekarang harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan perangkat teknologi komputer, setidaknya menguasai aplikasi dasar; baca ini;
Aplikasi Komputer Yang Wajib Dikuasai Guru Profesional
Demikian temen-temen semuanya posting kali ini mengenai
Peta Konsep Pelajaran IPA Kelas 6 SD semester 1 ini, mudah-mudahan dapat memberi gambaran umum tentang materi materi yang akan disampaikan kepada siswa kelas VI nanti. Selamat menyusun strategi mengajar!
DOWNLOAD DISINI >>
Masih satu topik:
Modul-modul Komputer untuk SD SMP SMA SMK disini...